Pageantry

MENJADI PAGEANT LOVERS #1 : Awal Mula Jadi Pegant Lovers

Kevin Liliana (Miss International 2017)
Pict by: CNNIndonesia.com

Pageant Lovers, hmm. Mungkin masih banyak yang belum tau pageant lovers itu apa? Jadi pageant (beauty pageant) itu ajang kecantikan, misalnya Miss Universe dan Miss World yang skalanya internasional, Puteri Indonesia dan Miss Indonesia yang skalanya nasional. Itu Cuma contoh aja ya, masih banyak ajang kecantikan lainnya. Masing-masing pageant memiliki ciri khas masing-masing. Setiap organisasi pemilik pageant memiliki kriteria sendiri-sendiri untuk memilih pemenang dari ajangnya tersebut, dan setiap ajang juga memiliki advocacy yang berbeda-beda pula.

Setelah membahas soal pageant, pertanyaan selanjutnya mungkin kenapa menjadi pageant lovers? Atau kenapa sih suka sama pageant? Nah aku pribadi udah suka sama pageant sejak kecil. Suka liat pemilihan Puteri Indonesia sama Miss Indonesia gitu di TV. Nah waktu SMA (sekitar 2015) baru ngikutin international pageant. Trus mulai juga tuh jadi stalking-stalking instagram para pemenang beauty pageant. Awalnya aku ngerasa suka karena mereka pinter dan cantik. Trus lama-lama jadi tau kalo mereka gak cuma pinter dan cantik, tapi punya advocacy juga.

Sejak menjadi pengikut beauty pageant aku merasa kemampuan bahasa inggris jadi meningkat (karena nonton international pageant). Selain itu wawasanku bertambah. Jujur pengetahuanku soal luar negeri awalnya sempit banget. Aku tau nama-nama Negara bukan dari pelajaran IPS, tapi pageant! Negara-negara yang gak terkenal di Indonesia kayak Cayman Island, Puerto Rico, US Virgin Island, British Virgin Island, dan masih banyak lagi, aku tahu keberadaannya gara-gara pageant. Jadi tau negara bagian Amerika Serikat sama Australia juga gara-gara pageant! Pageantry really change my life!

Pemikiranku juga jadi berubah. Fyi kulitku sawo matang, lebih ke coklat gelap. Aku suka warna kulitku, gak pengen jadi cewek putih kayak kebanyakan orang Indonesia, tapi temen-temenku mungkin gak suka. Banyak yang suka ngatain aku item, bahkan sampai usiaku 20+ masih ada temenku yang ngatain gitu. Awalnya insecure, tapi setelah ngikutin pageant, aku jadi gak malu lagi. Di pageantry bener-bener gak ada standar kecantikan harus putih! Leila Lopes  (Miss Universe 2011) dari Angola, dia ras kulit hitam. Dia memenangkan mahkota Miss Universe dan dia pinter banget. Dia selalu mengatakan bahwa cantik itu bukan dari warna kulit. Setiap wanita cantik dengan keunikannya masing-masing. Dan itu sangat meginspirasiku. Jadi kalo ada yang ngatain aku item, ya ketawain aja. Pemikirannya masih terbelakang hahahaha.

Selanjutnya soal advocacy, aku paling suka sama advocacy Sonia Fergina Citra (Puteri Indonesia 2018, Miss Universe 2018 TOP 20) asal Bangka Belitung. Advocacy-nya bernama “Be Diverse Be Tolerant”. Menurutku advocacy ini cocok banget di Indonesia soalnya Indonesia beragam banget. Beragam agama, suku, dll. Advocacy ini ngajak kita buat gak menghina dan menghargai temen kita yang beda sama kita. Entah itu  beda keyakinan atu beda look fisiknya sama kita. Indonesia ada karena keberagam. Jadi mari kita jaga keberagaman itu dengan toleransi.

Heliophobia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *