Environtment

Sedikit Aksi untuk Lingkungan

I’ll start this post by saying “Environment is everything”. Kita gak akan bisa apa-apa kalo lingkungan udah rusak. Punya uang banyak, barang-barang branded, rumah bagus, dan kemewahan lainnya, tapi kalo alam ini udah rusak, kita juga akan susah bahkan mati. Kebakaran hutan merajalela dimana-mana, banjir tenggelamkan berbagai kota, musim makin gak menentu, suhu udara makin panas. Bumi ini udah ribuan bahkan jutaan tahun umurnya, bumi tetap bertahan ada atau tidaknya makhluk hidup yang menghuninya. Tapi kita sebagai makhluk hidup apa masih bisa bertahan jika bencana ada di dimana-mana? Mau salahin siapa? Salahin Tuhan?

Pict by: pemburuombak.com

Sekarang bukan saatnya untuk saling menyalahkan, tapi saling berbenah. Mari kita ubah kebiasaan sehari-hari kita yang bisa merusak alam. Kebiasaan apa aja itu? Berikut beberapa saranku:

  • Berhenti menggunakan single use plastic

Single use plastic seperti kantong kresek, sedotan plastik, sendok & garpu plastik, dan plastik-plastik lainnya yang sering kita gunakan setiap hari, mari kurangi penggunaannya. Berawal dari menguranginya hingga lama-lama tidak menggunakan sama sekali. Awalnya memang susah, ribet, dan mungkin akan mendapat cibiran dari orang lain juga. Tapi niat yang baik Inshaa Allah akan berdampak baik juga.

Pengalamanku pribadi sering banget nih diketawain sama temen-temen atau penjual. Tahun lalu (awal 2019) aku beli sedotan stanless, nah temenku ngetawain buat apa coba, di warung-warung aja sedotan gratis kok. Aku tanggepin senyum aja. Orang yang pikirannya belum terbuka, mau dijelasin kayak apa juga susah pahamnya, aku doain aja suatu saat dia akan paham. Aamiin. Selain itu kalo dari di tempat makan, aku bilang nih sama penjualnya, “gak usah pake sedotan ya”, responnya macem-macem. Diketawain pernah, gak didengerin pernah, bahkan ada juga yang ngeyel tetep kasih sedotan. Gapapa, doanya masih sama, semoga suatu saat mereka sadar, aamiin.

Beli di warung/supermarket, gunakan tas belanja sendiri. Kalo ini mungkin dah banyak ya yang ngelakuin, tapi masih banyak pula yang gak ngelakuin. Semoga temen-temen pembaca tergolong yang udah ngelakuin ya. Kalo belum, mari lakukan mulai sekarang.

Beli makanan atau jajanan pake tempat makan sendiri. Kalo beli cilok, batagor, sayur, lauk, pasti diwadahin kantong plastik kan. Coba deh itung dalam seminggu kita pake berapa kantong plastik, sebulan barapa kantong pastik, setahun berapa? Semoga ini bisa jadi bahan renungan buat kita. Aku sering juga diketawain sama penjual-penjual kalo bawa wadah sendiri. Tapi gapapa, aku yakin suatu saat mereka pasti paham.

  • Beli sesuai kebutuhan, bukan keinginan

Siapa nih yang sering kalap kalo lagi belanja? Nah hal-hal kayak gitu selain nguras dompet juga tanpa sadar akan jadi sampah dikemudian hari. Selain itu, belilah barang yang bagus sekalian, biar awet, biar gak banyak sampah. Misal nih, kita beli sepatu yang harganya murah, tapi cuma bisa dipake setengah tahun. Lebih baik beli sepatu yang agak mahal dikit tapi bisa dipake lebih dari setahun. Nah konsep belanja kaya gini perlu banget nih kita terapi di era fashion sekarang ini.

  • Beli barang second hand

Siapa nih yang suka malu kalo punya barang second hand? Mulai sekarang gak usah malu, asalkan barang itu masih layak. Selain beli, barang-barang second hand ini juga bisa kita dapet free dari sodara atau temen. Selain ramah di kantong, ramah lingkungan juga.

  • Hijaukan lingkungan

Ini nih yang agak susah. Lahan buat nanam pohon sekarang makin jarang. Eits, tapi jangan nyerah ya. Kita masih bisa kok menghijaukan rumah kita. Sekarang kan banyak banget tu tanaman yang bisa kita tanam di dalam rumah. Dah bikin rumah tambah cantik, bikin adem pula.

Nah, tips-tips mengurangi sampah di atas tu basic banget ya. Untuk memulai peduli dengan lingkungan, kita bisa mulai dengan langkah-langkah di atas. Aku berharap temen-temen bisa memulai hidup yang ramah lingkungan mulai dari sekarang! Biasakan diri dan ajak temen-temen serta keluarga kalian buat hidup ramah lingkungan juga. Kalo misal ada yang tips hidup ramah lingkungan bisa komen di bawah ya, mari kita sharing soal hidup ramah lingkungan. See you !

Heliophobia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *