• Life

    Pendapatku Tentang Sukses

    Kita semua pasti pengen sukses. Tapi sukses itu kayak apa sih? Mungkin sebagian orang ada yang menganggap kalau sukses itu kaya, duitnya banyak, barang-barangnya mewah, rumahnya mewah kaya hotel bintang 5, kemana-naik mobil mewah atau jet pribadi. Ada sebagian lagi yang bilang sukses itu jabatannya tinggi. Jadi rektor, menteri, gubernur, presiden, dan pemimpin-pemimpin lain. Sebagian lagi ada yang bilang sukses itu kalau sudah terkenal dan banyak penggemarnya. Ada lagi yang bilang sukses kalau udah keliling dunia, bisnis dimana-mana. Dan apalah-apalah lain soal kesuksesan. Terus menurutku sukses itu apa? Kalau didefinisikan, sukses itu ketika bisa mencapai keinginan kita tanpa merugikan orang lain. That’s it! Mau apapun keinginan kita, harta – tahta…

  • Environtment

    Hijaukan Rumah

    Beberapa tahun terakhir sering sekali terjadi kebakaran hutan. Kebakaran hutan menjadi agenda tahunan yang dianggap biasa. Tidak hanya di Indonesia, kebakaran hutan juga terjadi di negara-negara lain seperti Brazil, Amerika, dan Australia. Jika hal ini terus terjadi, maka suhu di bumi akan terus meningkat. Lalu apakah kita hanya akan diam? Apa kita hanya akan menunggu pemerintah yang bekerja? Tentu tidak kan. Mari beraksi! Menanam pohon tentunya menjadi solusi utama. Tapi apakah lahan itu saat ini ada? Semakin hari lahan untu pepohonan dirasa semakin sempit. Lalu dimana kita harus menanamnya? Jangan khawatir. Jika kita tidak bisa menanam pohon, kita bisa menanam tanaman hias di rumah kita. Tanaman hias bisa menjadi alternatif…

  • Environtment

    Aksimu Tidak Sia-Sia

    Gimana aksi ramah lingkungannya guys? Hal apa aja yang biasa temen-temen lakuin buat nyayangin lingkungan? Share di kolom komentar yah. Sekarang aku pengen Tanya deh, ada gak sih yang ngerasa ngelakuin kegiatan ramah lingkungan sendiri? Kalo ada, jangan ngrasa sendiri lagi ya abis baca post ini. Karena kamu, udah gak sendiri lagi. Awal mula ngelakuin hal-hal ramah lingkungan, aku selalu ngerasa sendiri. Beli minum di kafe terus minta gak usah pakai sedotan, bawa wadah makanan sendiri kalo beli sayur, bawa botol sendiri kalo beli jus. Aku selalu ngerasa sendiri, karena gak pernah nemuin pelanggan lain yang ngelakuin hal yang sama kayak yang aku lakuin. Aku ngerasa percuma ngelakuin itu semua,…

  • Life

    #DiRumahAja : Apa yang Bisa Kita Lakukan?

    Seperti yang kita tau, Covid-19 atau yang biasa kita sebut virus corona, menyebar luas dan tak terkendali di tahun 2020 ini. Sampai-sampai harus lockdown dimana-mana. Orang-orang gak boleh keluar rumah. Kali ini aku gak akan bahas gimana virus itu muncul, gimana virus itu mewabah, atau sesuatu soal virus corona. Tapi aku bakal bahas apa yang bisa kita lakukan selama kita karantina di rumah. Mungkin udah banyak yang share soal ini, tapi aku merasa perlu share soal ini juga karena masih banyak orang-orang yang melanglangbuana di luar sana tanpa mempedulikan keselamatann dirinya dan orang-orang disekitar. Selama 2 minggu bahkan lebih, orang-orang diminta buat tinggal di rumah. Jika dibayangin mungkin akan membosankan.…