Life

#DiRumahAja : Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Seperti yang kita tau, Covid-19 atau yang biasa kita sebut virus corona, menyebar luas dan tak terkendali di tahun 2020 ini. Sampai-sampai harus lockdown dimana-mana. Orang-orang gak boleh keluar rumah. Kali ini aku gak akan bahas gimana virus itu muncul, gimana virus itu mewabah, atau sesuatu soal virus corona. Tapi aku bakal bahas apa yang bisa kita lakukan selama kita karantina di rumah. Mungkin udah banyak yang share soal ini, tapi aku merasa perlu share soal ini juga karena masih banyak orang-orang yang melanglangbuana di luar sana tanpa mempedulikan keselamatann dirinya dan orang-orang disekitar.

Working area by zulmiv_home

Selama 2 minggu bahkan lebih, orang-orang diminta buat tinggal di rumah. Jika dibayangin mungkin akan membosankan. Tapi sesungguhnya, bosan atau tidak itu tergantung kita. Gimana kita menyikapi situasi yang mendadak membuat kita seolah-olah dikurung di rumah. Biasanya bebas kemana-mana. Travelling all around the world. Nongki-nongki bareng temen. Olahraga di luar. Mendadak harus di rumah aja. Bahkan sampai muncul kalimat “The city that never sleep finally fall asleep”. Kalimat itu muncul karena kota-kota besar seperti New York, Paris, dan Roma mendadak. Jadi apa aja sih yang bisa kita lakuin selama karantina?

  1. Me time – family time

Sebelumnya mungkin kita susah nemuin waktu waktu buat me-time atau bahkan family time. Kesibukan kita di luar bisa membuat kita lupa akan quality time. Jadi, saat-saat dirumah aja seperti ini, kita bisa manfaatin buat introspeksi diri, mengistirahatkan diri, bisa manicure-padicure di rumah, maskeran, waktu tidur bertambah. Selain itu bisa juga ngobrol-ngobrol bareng keluarga dan melakukan hal-hal lain bersama keluarga.

Disaat-saat seperti kita juga bisa mendekatkan diri kepada Tuhan. Sebelumnya kita sibuk dengan duniawi, mungkin situasi seperti ini bisa membuat kita kembali kepada-Nya. Untuk teman-teman yang muslim bisa sholat berjamaah bareng keluarga, mengaji, dzikir, dsb.

  • Bersih-bersih

Mungkin selama ini kita Cuma bersih-bersih ala kadarnya. Kita harus menyisihkan waktu ekstra untuk membersihkan rumah. Sekarang, kita bisa membersihkan rumah atau tempat-tempat yang jarang kita bersihkan. Atau bahkan kita bisa make over penampilan rumah kita supaya lebih nyaman dan tidak bosan.

  • Lakukan hobi

Disini siapa aja yang kurang waktu buat ngelakuin hobi? Saat-saat karantina seperti sekarang bisa banget tuh kita melanjutkan hobi kita yang sempat tertunda. Melakukan hal-hal yang kita sukai tentunya bisa menghilangkan stress kita selama tinggal di rumah dalam jangka waktu yang lama.

  • Baca buku

Okey, mungkin ada beberapa orang yang kurang suka baca buku. Tapi baca buku bisa banget diterapin selama kita gabut di rumah aja. Genre buku ada banyak. Kita bisa baca buku sesuai dengan genre kesukaan kita. “Ketika kita berbicara dan menulis, kita akan mengucapkan hal-hal yang kita ketahui. Tapi kalau kita membaca dan mendengar kita akan mendengar hal-hal yang belum kita ketahui” Anonim.

  • Pelajari hal baru

Kesibukan sehari-hari membuat kita tidak memiliki waktu untuk mempelajari hal-hal baru. Jadi sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajarinya. Jika biasanya kita hanya masak masakan yang itu-itu aja, kali ini kita bisa coba resep baru. Kita bisa belajar bahasa lain yang belum pernah kita pelajari. Atau hal-hal lainnya.

  • Olah raga

Kaum rebahan pasti susah ngelakuin hal ini. Tapi, ini penting banget lo. Selama di rumah aja kita dihadapkan pada kegiatan yang itu-itu aja. Kalau kita mager terus tanpa aktivitas fisik, yang ada badan malah pegel-pegel dan stres. Banyak sekali olah raga yang bisa kita lakuin di rumah. Kita bisa liat panduannya di youtube juga. Awalnya mungkin memang terasa berat, tapi lama-lama pasti terbiasa. Jadi, jangan males olah raga lagi ya. Jangan sampai setelah pandemi ini berakhir badan kita jadi menggembung dan baju-baju gak muat.

  • Relax

Kita memang harus tetap produktif selama karantina. Tapi ada saat-saat tertentu dimana kita juga perlu santai. Rebahan, dengerin musik, minum cokelat hangat, and stay calm. Hmmmm…. Let’s do this! Tapiii, jangan berlebihan santainya. Yang ada malah buang-buang waktu dengan hal-hal yang tidak berguna.

Buat teman-teman yang merasa takut dengan pandemi ini, sebaiknya kalian stop bacain soal virus corona. Gak masalah kita gak tau berapa pengidap covid sekarang. Gak masalah kita gak tau daerah mana aja yang kena. Yang penting kita tetap mengikuti anjuran-anjuran dari pemerintah.

That’s it! 7 kegiatan di atas bisa kita lakuin selama karantina di rumah. Make it fun! Jangan sampai stress. Jangan menyebar berita-berita hoax dan membuat masyarakat panik. Tidak perlu share-share berita yang provokatif. Jaga kebersihan dan tetap berdoa. Mari kita berdoa semoga kita dilindungi oleh Allah SWT dan pandemi ini segera berakhir. Stay safe everyone!

Heliophobia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *