Environtment

Aksimu Tidak Sia-Sia

Gimana aksi ramah lingkungannya guys? Hal apa aja yang biasa temen-temen lakuin buat nyayangin lingkungan? Share di kolom komentar yah. Sekarang aku pengen Tanya deh, ada gak sih yang ngerasa ngelakuin kegiatan ramah lingkungan sendiri? Kalo ada, jangan ngrasa sendiri lagi ya abis baca post ini. Karena kamu, udah gak sendiri lagi.

Awal mula ngelakuin hal-hal ramah lingkungan, aku selalu ngerasa sendiri. Beli minum di kafe terus minta gak usah pakai sedotan, bawa wadah makanan sendiri kalo beli sayur, bawa botol sendiri kalo beli jus. Aku selalu ngerasa sendiri, karena gak pernah nemuin pelanggan lain yang ngelakuin hal yang sama kayak yang aku lakuin. Aku ngerasa percuma ngelakuin itu semua, karena aku ngelakuin itu sendiri. Buat apa aku ribet ngelakuin itu semua kalo aku lakuin itu sendiri. Orang lain tetep aja pakai plastik-plastik sekali pakai. Sampah tetep banyak. Jadi buat apa?

Lama-lama aku sadar. Aksiku gak sia-sia. Aku coba ngitung, sehari aku pakai sedotan, botol minum, sama pakai wadah berapa kali. Terus aku kaliin seminggu, sebulan, setahun. Misalnya aku pakai sedotan itu sehari sekali, dalam setahun berarti aku udah ngurangin sampah sedotan sedotan plastik kurang lebih sebanyak 364 buah. Itu angka yang banyak. Belum lagiwadah-wadah lainnya. Jadi aku yakin aksiku gak sia-sia. Selain itu aku juga yakin di luar sana banyak orang yang ngelakuin hal yang sama juga, bahkan lebih. Hanya saja aku gak ketemu sama mereka.

Jadi jangan pernah menganggap aksi yang kalian lakuin itu sia-sia ya. Sekecil apapun aksi kalian. Itu berdampak besar untuk lingkungan. Jadi tetaplah istiqomah melakukan kebaikan!

Use your own bottle

Heliophobia

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *