Environtment

Hijaukan Rumah

Beberapa tahun terakhir sering sekali terjadi kebakaran hutan. Kebakaran hutan menjadi agenda tahunan yang dianggap biasa. Tidak hanya di Indonesia, kebakaran hutan juga terjadi di negara-negara lain seperti Brazil, Amerika, dan Australia. Jika hal ini terus terjadi, maka suhu di bumi akan terus meningkat. Lalu apakah kita hanya akan diam? Apa kita hanya akan menunggu pemerintah yang bekerja? Tentu tidak kan. Mari beraksi!

Tanaman Monstera dalam rumah. Pict by dekoruma.com

Menanam pohon tentunya menjadi solusi utama. Tapi apakah lahan itu saat ini ada? Semakin hari lahan untu pepohonan dirasa semakin sempit. Lalu dimana kita harus menanamnya? Jangan khawatir. Jika kita tidak bisa menanam pohon, kita bisa menanam tanaman hias di rumah kita. Tanaman hias bisa menjadi alternatif selain menanam pohon. Kita bisa mengganti tanaman-tanaman palsu di rumah kita menjadi tanaman asli. Tanaman sekarang kan lebih bervariasi yaaa. Media tanamnya juga bervariasi. Jadi kita bisa tinggal pilih tanaman seperti apa yang kita inginkan.

Sekarangkan kan lagi hits banget tuh taneman monstera. Nah kita bisa taruh tanaman itu juga di dalam rumah kita. Selain itu ada juga tanaman sansivera (lidah mertua) yang katanya nih bisa menyerap udara-udara kotor dan radiasi di rumah kita. Tapi tetap perhatikan tanamannya ya. Jangan sampai kita menaruh tanaman yang tidak seharusnya ada di dalam rumah ke dalam rumah kita. Dan perhatikan juga lingkungan sekitar. Kalau ada anak kecil di rumah yang punya kemungkinan untuk memakan daun-daun tanaman sebaiknya jangan taruh tanaman dalam rumah.

Mengutip dari https://menanam.com/tanaman-hias-dalam-rumah/ , beberapa tanaman yang bisa ditanam di dalam rumah antara lain lidah buaya, spider plant, sirih gading, lidah mertua, tanaman aglaonema, beringin karet, peace lily, bambu rezeki, philodendron, monstera, tanaman payung, dan lavender. Selengkapnya baca di website menanam.com yaaa. Dengan menanam tanaman di dalam rumah, kita bisa dapet keindahan di ruangan, serta ruanganĀ  lebih segar. Manfaatnya jadi berlipat-lipat kan. Jadi masih pilih tanaman palsu atau tanaman asli aja?

Tanaman Sansivera. Pict by casaindonesia.com

Jangan merasa hal kecil yang kita lakukan tidak bermanfaat ya. Walaupun hanya tanaman di pot kecil, tapi jika itu dilakukan oleh ribuan bahkan jutaan orang, maka akan berdampak besar. Bayangin aja, kita taruh tanaman di seluruh ruangan di rumah kita, dan tetangga kita juga lakuin, se-perumahan lakuin, se-kota lakuin, se-Indonesia lakuin, itu udah sama kaya kita tanam ratusan pohon! Nah kalo orang lain gak lakuin gimana? Santai, setidaknya kita udah berusaha menghijaukan kembali bumi ini. Di luar sana orang yang gak kita kenal ada yang lakuin juga. Jadi tetep semangat hijaukan rumah ya!

Heliophobia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *