Life

7 Kebiasaan Baik yang Merubah Hidupku (7 positive habits that changed my life)

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik (atau disini ada yang tidak ingin hidupnya jadi lebih baik?) Menjadi pribadi yang lebih baik pastinya tidak instan. Malamnya punya keinginan jadi pribadi yang lebih baik, besok paginya bangun tidur langsung (auto) perfect kehidupannya. No! Hidup tidak semudah itu.

Dulu, aku merupakan orang yang sangat perasa, pemarah, dan tidak mau mendengarkan orang lain. Maunya selalu menang sendiri. Tapi setelah aku melakukan 7 kebiasaan baru ini, aku merasa menjadi lebih baik

  • Membaca buku

Dari buku aku mempelajari banyak hal. Semakin banyak buku yang aku baca, semakin aku sadar bahwa masih banyak hal yang belum aku tau. Dari situ membuat rasa sombongku semakin lama semakin menciut.

  • Melakukan hobi

Sebenarnya aku suka menari. Tapi aku jarang mengakuinya haha. Setelah kembali menari seperti jaman SD dulu, amarahku mulai hilang rasanya. Melakukan hobi membuat hidupku menjadi lebih bahagia. Karena itu hobi, karena aku suka.

  • Mendengar pendapat orang lain

Awalnya sangat susah. Tapi sekarang jaman telah berubah. Banyak sekali platform sosial media yang bisa menjembatani seseorang dalam mengutarakan pendapat. Disana aku banyak mendengar pendapat orang lain. Dari sana aku belajar bahwa ketika orang lain berbeda pendapat denganku bukan berarti mereka salah.

  • Ikut organisasi atau komunitas

Kalau dipikir-pikir sudah dari jaman SMP aku belajar berorganisasi. Disini aku belajar mendengar pendapat orang lain juga. Belajar lebih menghargai orang lain. Sehingga aku menyadari bahwa dalam hidup itu kita tidak bisa sendiri. Jadi ya aku perlu menghargai orang lain supaya dihargai.

  • Olah raga

Semenjak karantina karena covid-19, aku jadi rajin olah raga. Karena setiap hari hanya main laptop dan hp saja membuatku tidak memiliki aktivitas fisik. Akhirnya aku berolahraga. Ya bukan olah raga yang berat-berat. Hanya sekedar yoga, senam, jogging atau apalah yang penting tubuh bergerak dan berkeringat. Sekarang kan ada youtube tuh. Bisa search mau olah raga apa trus tiruin deh. Alhasil badan semakin segar dan enteng rasanya. Tidur menjadi lebih berkualitas dan pencernaan lancar. Hmmm andaikan aku rajin olahraga dari dulu.

  • Meditasi

Mengerjakan skripsi membuatku susah untuk melakukan hal-hal lain. Stres, lebih mudah emosi dan mood sering tidak baik. Kemudian aku mencoba meditasi. Tidak lama, hanya 5 menit di setiap pagi. Rasanya lebih rilex. Mengerjakan skripsi jadi lebih fokus. Diterpa cobaan-cobaan skripsi dan cobaan hidup lainnya jadi lebih ikhlas.

  • Pagi hari tanpa Hp

Kebiasaan ini ku lalukan mungkin sekitar 2 bulan. Dan ternyata ada hasilnya juga. Bangun biasanya jam 5, baru boleh pegang hp sekitar jam 8. Pagi hari jadi lebih produktif. Biasanya aku merasa kalau gak megang hp dan buka sosmed akan ketinggalan berita. Ternyata tidak juga. Biasanya bangun tidur megang hp trus jadi gak bangun-bangun, di kasur terus. Sekarang jadi tidak. Pagi hari jadi bisa bersih-bersih, olah raga, masak, mandi, kemudian sarapan. Alhasil pagi hari yang produktif membuatku semakin bahagia menjalani hari-hari.

7 kebiasaan di atas membuatku merasa lebih baik setiap harinya. Aku tidak bilang kalau sifat perasa, pemarah, dan tidak mau mendengarkan orang lain sudah hilang 100% karena kegiatan di atas. Tapi sudah sangat berkurang daripada dulu sebelum melakukannya.

Di post ini aku ngajak temen-temen untuk menjadi peribadi yang lebih baik. Kalau ada hal-hal yang bisa ditiruin ya monggo, atau kalau ada saran kegiatan apa yang bisa ditiruin silahkan komen di bawah ya. Terimakasih…

Heliophobia

6 Komentar

  • CREAMENO

    Kebiasaan nggak pegang hape saat baru bangun tidur ini juga mulai saya terapkan sejak beberapa waktu terakhir mba Shohi dan memang seperti yang mba bilang, efeknya sangat baik 😄 saya merasa jadi jauh lebih produktif di pagi hari hehehe. Biasa yang tadinya sibuk buka hape scroll sana sini, sekarang jadi bisa enjoy the morning sambil olahraga tipis tipis, mandi, sarapan dan lain-lain 🙈

    Semoga kita bisa menjadi lebih baik, mba 😍

  • Suryani Palamui

    Wah, kesemuanya memang berfaedah banget untuk ngubah kebiasaan jelek kita. Cuma kalo aku pribadi, sebenarnya ada masalah yang sampai saat ini masih susah buat aku singkirin. Mungkin bisa dibilang Star Syndrom sih. Jadi, aku tuh kadang suka merasa besar kepala dan ngga jarang suka menganggap enteng sesuatu. Hiks, rasanya pengen banget bunuh sikap beginian. Soalnya aku ngga mau jadi orang sombong. Aku butuh masukan banget nih Mba Shohi. 🙁

    • Shohi

      Wah wah wah. Kok bisa sama ya mbak. Aku juga kadang-kadang masih ngerasa besar kepala gitu. Tapi aku bukan orang yang tepat kayaknya buat ngasih masukan wkwkwk. Tapi sedikit cerita aja ya mbak, aku pernah dapet masukan dari kakak tingkat. Dia bilang gini “jangan sekali-sekali sombong atau menyakiti orang lain. dunia masih berputar. bisa jadi orang yang kita sombongi atau kita sakiti sekarang suatu saat akan menjadi bos/atasan kita”. Wah tertampar banget aku waktu itu. Jadi sekarang kalo mau ngerasa sombong atau ngerasa di atas aku inget2 aja quotes itu. Dunia masih berputar. Jangan sampai gara-gara aku sombong jadi dibalik situasinya sama Allah 🙁

  • Cahyana

    Wah boleh juga ini kebiasaan buat ngrubah hidup jadi semakin baik lagi, tapi dari beberapa kebiasaan yang ada mungkin yang paling susah yang terakhir soalnya dah jadi kebiasaan bangun pagi pasti pegang hp buat matiin alarm🤣. Habis matiin alarm trus dah kebablasan pegang hp trus pasti main game online dulu bisa 1-2 jam an dan itu bikin buang2 waktu sih sebener. Belum lg kalo kalah jadi bikin badmood dan cuman pengen rebahan aja🤣. Dah jadi kebiasaan malem sebelum tidur main game online dulu trus paginya juga main game online. Udah ada niatan pengen berubah tapi cuman niatan aja sih belum ada tindakan. Tolong ni mba shohi minta clue nya kalo boleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *