Life

Pelecehan S*xual

Pict credit: pinterest.com

Akhir-akhir ini di internet ramai soal berita pelecehan. Entah itu pelecehan verbal maupun non-verbal. Fetis, terror pesan s*xual, bahkan hingga perbuatan asusila. Dan sedihnya dilakukan oleh kalangan terpelajar, yang mana mereka adalah mahasiswa. Semestinya mereka tahu (paham) kalau yang mereka lakukan itu salah dan merugikan orang lain. Sedih banget tiap baca beritanya. Apalagi ada teman sendiri jadi pelaku.

Tapi disisi lain, ada perasaan lega juga. Lega karena para korban telah berani untuk speak up. Tentu tidak mudah untuk mereka, apalagi ada beberapa korban yang diancam untuk diam. Semoga korban pelecehan lainnya diluar sana juga yang masih bungkam menjadi semakin berani untuk speak up. Semakin banyak korban speak up, maka korban lain akan merasa lebih berani pula untuk speak up. Bukan untuk dibanding-bandingkan siapa yang lebih menderita, karena hidup bukan soal siapa paling menderita. Tapi untuk saling menyemangati. Mereka tidak sendiri.

Untuk korban pelecehan diluar sana, apabila kalian belum berani untuk speak up. Tidak apa. Tapi menurutku kalian harus speak up. Obati trauma kalian, coba pergi ke psikiater atau psikolog. Kalian berhak mendapat hidup yang lebih baik dan masa depan cemerlang. Tapi jika kalian tidak speak up, maka pelaku akan dengan bebas melakukan tindakan tersebut. Berulang kali sampai kapanpun. Dan luka trauma kalian akan tetap ada. Kita bisa belajar dari kasus-kasus yang sudah ada. Para pelaku mendapatkan balasan atas perbuatannya. Minimal sanksi sosial. Mereka pasti dapat sanksi itu jika korban speak up. Masyarakat pasti mendukung kalian.

Semoga kasus pelecehan yang akhir-akhir ini ramai dapat menjadi pelajaran untuk kita semua. Kita harus lebih hati-hati. Lebih peka terhadap keadaan sekitar. Coba perhatikan orang-orang disekeliling kita. Apakah ada yang aneh? Bisa jadi salah satu diantara mereka adalah korban. Bisa jadi salah satu diantara mereka adalah pelaku.

Heliophobia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *