Life

Platform Membaca Online

pict credit: pinterest.com

Saat ini kita hidup di era digital. Buku-buku konvensional saat ini mulai beralih ke electronic book (e-book). Dengan adanya e-book kita dimudahkan karena seberapa banyak buku yang ingin kita baca kini hanya ada dalam genggaman tangan.

Namun saat ini banyak pula pihak yang menyalahgunakan keberadaaan e-book. Ia membagi-bagikan file e-book untuk memperoleh keuntungan pribadi. Hal ini merugikan para penulis buku. Oleh karena itu kita sebagai pembaca perlu menyaring mana patut kita baca. Sudah selayaknya kita berhenti membaca e-book pdf yang saat ini beredar di internet karena merugikan penulis buku dan pihak lainnya.

Saat ini sudah banyak aplikasi membaca yang bisa kita manfaatkan untuk menyalurkan hobi membaca kita. Aplikasi yang aku rekomendasikan adalah:

  • Gramedia Digital

Gramedia digital menyediakan puluhan ribu buku elektronik yang bisa kita nikmati dimana saja dan kapan saja. Selain buku terdapat pula koran dan majalah elektronik. Aplikasi ini berbayar mulai dari Rp. 45.000 / bulan. Lebih murah daripada kita membeli buku konvensional kan.

  • Wattpad

Wattpad merupakan layanan web asal Kanada. Di situs web ini kita bisa membaca ataupun mempublish karya tulis kita. Berdiri sejak tahun 2006, wattpad dapat diakses melalui wattpad.com atau melalui aplikasi Wattpad yang tersedia di appstore dan playstore. Gratis!

  • iPusnas

iPusnas adalah aplikasi membaca buku yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional Indonesia. Kita bisa download aplikasi iPusnas di appstore dan playstore secara gratis. Cara penggunaannya seperti kita berkunjung ke perpustakaan pada umumnya. Kita mencari e-book yang kita inginkan lalu kita meminjamnya jika masih tersedia dan ada batas waktu peminjamannya. Jika sudah saatnya mengembalikan, e-book tersebut akan otomatis kembali. Selain iPusnas ada pula aplikasi dari perpustakaan daerah, seperti iJakarta.

  • Webtoon

Siapa yang gak kenal Webtoon? Platform ini menyediakan komik dari berbagai penulis dan dari berbagai negara. Kita bisa membacanya secara gratis serta bisa mem-publish karya kita sendiri. Sudah banyak cerita dari webtoon yang diadaptasi menjadi drama. Jadi, apa masih ragu sama kualitas webtoon?

  • Cabaca

Platform ini mirip seperti webtoon namun cabaca menyediakan karya tulisan berupa novel. Disini kita bisa membaca novel serta mem-publish karya kita sendiri. Cabaca bisa di-download secara gratis di Google Play, atau melalui web cabaca.id. Disana kita bisa membaca 3 bab secara gratis. Untuk membaca selanjutnya kita bisa meneruskan menggunakan kerang yang kita kumpulkan dalam Misi Kerang. Seru lo! Mari coba!

Selain 5 platform tadi, tentu masih banyak lagi platform membaca online lainnya. Apabila kita merasa berat untuk membeli buku, kurasa membaca online bisa menjadi solusi. Mari berhenti mengunduh buku bajakan yang beredar di internet. Dengan membaca melalui platform resmi kita bisa mengurangi pembajakan buku yang sekarang terjadi.

Librarian

6 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *