• Life

    7 Kebiasaan Baik yang Merubah Hidupku (7 positive habits that changed my life)

    Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik (atau disini ada yang tidak ingin hidupnya jadi lebih baik?) Menjadi pribadi yang lebih baik pastinya tidak instan. Malamnya punya keinginan jadi pribadi yang lebih baik, besok paginya bangun tidur langsung (auto) perfect kehidupannya. No! Hidup tidak semudah itu. Dulu, aku merupakan orang yang sangat perasa, pemarah, dan tidak mau mendengarkan orang lain. Maunya selalu menang sendiri. Tapi setelah aku melakukan 7 kebiasaan baru ini, aku merasa menjadi lebih baik Membaca buku Dari buku aku mempelajari banyak hal. Semakin banyak buku yang aku baca, semakin aku sadar bahwa masih banyak hal yang belum aku tau. Dari situ membuat rasa sombongku semakin lama…

  • Life

    Lebaran Di Tengah Pandemi

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir batin. Apabila selama menjalankan di blog ini terdapat postingan yang kurang mengenakkan di hati pembca, dengan kerendahan hati saya, saya ingin meminta maaf kepada pembaca. Semoga dihari yang suci ini, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan semoga, Virus Sars-Cov-2 (virus corona) segera dicabut dari bumi ini. Aamiin… Lebaran kali ini terasa sangat sangat sangat berbeda. Bagaimana tidak, kita yang biasanya mudik, berkumpul bersama keluarga, mengunjungi teman, silaturahmi dengan guru. Kini kita hanya bisa video call. Larangan mudik berlaku dimana-mana. Perumahan-perumahan di lockdown, tidak bisa kemana-mana. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan kesabaran. Saya…

  • Life

    Kenapa Membaca Buku?

    I can’t say that I’m a bookworm. I just love books. Aku suka membaca buku-buku fiksi seperti novel. Dan, genre novel favoritku adalah fantasi seperti Harry Potter series. Sejak SD aku sering membaca novel. Entah kenapa paling gak suka sama novel romance. Cepet banget lupa sama ceritanya. Kenapa bisa suka baca novel? Hmmm I don’t know. Tapi kata Najwa Shihab “Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta!” Setelah baca quotes itu, aku langsung teringat akan sebuah novel yang ku baca di kelas 3 / 4 SD (Tahun 2008). Totto Chan: Gadis Cilik di Jendela  karya Tetsuko Kuroyanagi. I think that book made…

  • Life

    Memotivasi Diri Sendiri

    Dalam menjalani kehidupan, manusia tidak selamanya di atas. Bisa juga di bawah. Ketika di atas jangan sombong, masih ada yang lebih baik dari kita. Ketika kita berada di bawah, jangan berlarut-larut. Segera bangkit dan raih impian. Lalu bagaimana caranya supaya bisa bangkit? Dengan motivasi jawabannya. Motivasi bisa didapat darimana saja. Tapi, menurutku motivasi paling kuat datang dari diri sendiri. Diri kita sendirilah yang akan mengarahkan tubuh kita kemana. Tapi apakah motivasi dalam diri kita sudah cukup? Apakah motivasi dalam diri kita cukup kuat bila dihadang beragam faktor ex? Hanya kita sendiri yang tau jawabannya. Sebelum membahas soal memotivasi diri, perlu aku explain dulu apa itu motivasi. Motivasi menurut Feldman (2012:…

  • Life

    Pendapatku Tentang Sukses

    Kita semua pasti pengen sukses. Tapi sukses itu kayak apa sih? Mungkin sebagian orang ada yang menganggap kalau sukses itu kaya, duitnya banyak, barang-barangnya mewah, rumahnya mewah kaya hotel bintang 5, kemana-naik mobil mewah atau jet pribadi. Ada sebagian lagi yang bilang sukses itu jabatannya tinggi. Jadi rektor, menteri, gubernur, presiden, dan pemimpin-pemimpin lain. Sebagian lagi ada yang bilang sukses itu kalau sudah terkenal dan banyak penggemarnya. Ada lagi yang bilang sukses kalau udah keliling dunia, bisnis dimana-mana. Dan apalah-apalah lain soal kesuksesan. Terus menurutku sukses itu apa? Kalau didefinisikan, sukses itu ketika bisa mencapai keinginan kita tanpa merugikan orang lain. That’s it! Mau apapun keinginan kita, harta – tahta…

  • Life

    #DiRumahAja : Apa yang Bisa Kita Lakukan?

    Seperti yang kita tau, Covid-19 atau yang biasa kita sebut virus corona, menyebar luas dan tak terkendali di tahun 2020 ini. Sampai-sampai harus lockdown dimana-mana. Orang-orang gak boleh keluar rumah. Kali ini aku gak akan bahas gimana virus itu muncul, gimana virus itu mewabah, atau sesuatu soal virus corona. Tapi aku bakal bahas apa yang bisa kita lakukan selama kita karantina di rumah. Mungkin udah banyak yang share soal ini, tapi aku merasa perlu share soal ini juga karena masih banyak orang-orang yang melanglangbuana di luar sana tanpa mempedulikan keselamatann dirinya dan orang-orang disekitar. Selama 2 minggu bahkan lebih, orang-orang diminta buat tinggal di rumah. Jika dibayangin mungkin akan membosankan.…